Kategori
- aplikasi (4)
- internet (4)
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN (9)
- musik (1)
- rangkuman UT (18)
- tips dan trik (13)
- video (6)
Jailsinggih. Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 02 Mei 2014
MODUL 2
METODOLOGI PENELITIAN BIDANG
PERPUSTAKAAN
Kegiatan belajar 1
Ruang kajian dan penelitian di bidang
perpustakaan
A.
Penelitian/kajian
bidang perpustakaan masa lalu
Bidang-bidang
perpustakaan yg sering dijadikan topik penelitian , seprti yg dikemukakan oleh
Lynch dalam library (1984) antara lain :
1. Penelitian praktis : bertujuan untuk memecahkan permasalah di bidang perpustakaan2. Penelitian bibliografi : tujuan mengurutkan kembali pemikiran orang lain3. Penelitian scholary : bertujuan mengoleksi data secara sistematik, mengorganisir dan melakukan analisis terhadap data4. Penelitian ilmiah : bertujuan untuk mencari pengalaman baru
Dalam
melakukan penelitian bidang perpustakaan masa lalu memiliki keterbatsan antara
lain :
1. Lebih banyak berisi opini peneliti dari pada hasil observasi2. Keterbatasan data3. Obsevasi hanya dilakukan diperpustakaan setempat4. Peneliti tidak cukup menyebarkan hasil penelitianya5. Praktisi tidak memanfaatkan hasil penelitian6. Para profesional banyak dipenuhi dgn laporan-laporan bukan penelitian7. Pemakai jurnal penelitian sangat terbatas8. Disertasi jurang berhubungan dgn penelitian sebelumnya9. Dampak penelitian yg dilaporkan lemah dari segi pengawasan
Sampai tahun
1995 kegiatan penelitian bidang perpustakaan yg dilakukan berkisar topik :
1. Kajian tentang penyimpanan dan temu kembali dokumen2. Kajian tentang jasa penelusuran informasi dan perpustakaan3. Kajian tentang klasifikasi dan indeks4. Kajian tentang sirkulasi, koleksi, administrasi dan otomasi
B.
Penelitian
bidang perpustakaan masa mendatang
1.
Teori
, metode dan evaluasi temu kembali nformasi , bagian ini meliputi : temu
kembali , transformasi informasi
2.
Bibliometrika
yaitu penerapan metode matematika informasi, komunikasi, informasi, ilmu
perpustakaan dan statistika terhadap informasi terekam ; disini dibahas
produktivitas pengarang, produktivitas majalah, teori ko-sitasi, analisis
sitasi, pasangan bibliografi dan teori grafik pada komunikasi formal
3.
Komunikasi
ilmiah dan transfer informasi ; disini membahas proses pencetusan, pengolahan,
penyebaran dan penggunaan informasi terutama di kalangan ilmuwan
4.
Rancang
bangun atau desain serta evaluasi sistem informasi
5.
Produk
serta jasa informasi khusus
6.
Komputer
sebagai gawai oleh informasi, khususnya yang berhubungan dengan bibliografi
7.
Representasi
informasi mencakup pengertian indeks, abstrak, serta transformasi informasi
terekam
8.
Pemakai
serta penggunaan informasi dalam hal ini kajian permintaan dan penggunaan
informasi oleh pemakai
9.
Berbagai
aspek informasi seperti strategi penelusuran informasi, penerapan sistem pakar
terhadap informasi
Kegiatan belajar 2
Metodologi penelitian bidang
perpustakaan dan informasi
A.
Penelitian
ilmiah
Adalah
: kegiatan yg sistematik dan terorganisir untuk mencari/mendapatkan jawaban
terhadap pertanyaan-pertanyaan penelitian dgn cara melakukan pengukuran
terhadap elemen/responden penelitian.
o Penelitian ilmiah dilakukan secara sistematik dan terorganisir dgn menggunakan prosedur dan tahapan yg jelas serta pengelolaan sumber daya ( manusia, waktu dan biaya ) agar mendapat hasil yg akurat
o Sebelum melakukan penelitian hendaknya peneliti menyiapkan memahami hal-hal sbb : bidang yang akan diteliti, literatur pendukung topik, topik penelitian yg menjadi permaslahan dan perlu dicaikan pemecahanya, memberikan manfaat masyarakat luas, berdampak penting pada pengembangan bidang yg diteliti
o Peneliti dasar adalah : penelitian yg merujuk kepada keaslian, merupakan penelitian ilmiah, cenderung teoritis.
o Penelitian aplikatif/terapan adalah : penelitian yg lebih pragmatis, dan menghasilkan informasi yg berguna untuk memecahkan persoalan-persoalan khusus dalam situasi aktual.
o Penelitian kuantitatif adalah : penelitian yang menggunakan pendekatan dgn pemecahan masalah, yg berhubungan dgn konsep kuantifikasi, disiapkan dgn cermat untuk melakukan pengukuran dan evaluasi
o Penelitian kualitatif adalah : penelitian yg berfokus pada observasi kejadian-kejadian, fenomena yg diteliti kompleks, bersifat sosial dan mencoba mengerti perilaku individu-individu yg diamati
B.
Penelitian
kuantitatif
Tipe
penelitian kuantitatif di bidang perpustakaan yang sering dilakukan adalah :
action research, dan evaluation research :
1. Action research adalah : tipe paling penting dari penelitian aplikasi.
o
Action
research berbeda dgn penelitian aplikasi, dalam action reseracrh mempunyai
aplikasi langsung ke penelitian sedangkan penelitian aplikasi mempunyai tujuan
lebih luas.
o
Tujuan : mengembangkan
kemampuan baru/pendekatan baru dan memecahkan persoalan dgn aplikasi langsung
kepada anggota kelas/responden/tempat kerja yg sudah ditata
o
Penelitian
action R merupakan penelitian yg praktis, fleksibel, adaptif dan empiris tetapi
lemah dalam validitas eksternal dan internal
o
Tahapan
penelitian action R :
a.
Mendefinisikan
masalah / menentukan tujuan
b.
Studi
pustaka
c.
Memformulasikan
hipotesis
d.
Menyiapkan
kegistan penelitian
e.
Menyiapkan
teknik pengukuran dan evaluasi
f.
Analisis
data dan evaluasi hasil penelitian
2. Penelitian evaluasi (evaliation reserach )
o
Disebut
juga penelitian terapan karena bertujuan untuk menjawab hal-hal praktis dan
mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan :
-
Apa
yang menjadi masalah pokok dalam masyarakat
-
Program
apa untuk mengatasi maslah
-
Bagaimana
program tsb dapat dilaksanakan
-
Apakah
program yg dilaksanakan sesuai program
-
Apakah
tujuan tercapai
o
Tujuan
awal penelitian evaluasi tidak untuk menemukan pengetahuan baru tetapi lebih
pada menguji dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam progaram/kegiatan
o
Penelitian
evaluasi digunakan meneliti hubungan antarvariabel dan sebab akibat
o
Penelitian
evaluasi seringnya kurang dapat mengontrol variabel, terkendala waktu dan
tempat. Apabila peneliti mempunyai kepentingan dalam penelitian maka penyebab
bias dalam penelitianya
o
Ada 2 jenis
penelitian evaluasi :
1.
Evaluasi formative : penelitian saat program
berjalan, untuk melihat dan meneliti pelaksanaan suatu program, evaluasi sering
kualitatif dan digunakan untuk mencari umpan balik, gunak memperbaiki program
2.
Evaluasi summative atau penelitian outcome :
dilaksanakan pada akhir program untuk mengukur dampak dari program atau
ketercapaian tujuan program
C.
Penelitian
kualitatif
1.
Penelitian
lapangan/studi lapangan
o
Adalah
: penelitian yang dilakukan di lapangan agar sesuai dgn situasi nyata
o
Peneliti
melakukan manipulasi/kontrol terhadap satu atau beberapa variabel bebas
walaupun tidak sebesar dilabolatorium
o
Kelebihan : lebih
realistik, orientasi teori yang kuat, bermakna dan variabel kuat
2.
Analisis konten
o
Adalah
: kegiatan analisis terhadap isi materi (buku, film) melalui klasifikasi,
tabulasi, dan evaluasi kata kunci dalam rangka mencari arti dan kemungkinan
dampak.
o
Dalam
analisi konten perlu memahami istilah-istilah berikut :
a.
Datum : unit
informasi yang dicatat, dianalisis dengan teknik-teknik tertentu dan relevan
dgn sebuah permasalahan. Unit informasi dapat berupa : hal buku, kata,
referensi ( objrk , kejadian, orang, kegiatan ), proporsi , tematik
b.
Catatan lapangan : alat pengumpul data berisi
setiap perkataan investigator (peneliti), pengalaman-pengalaman, dan
ingatan-ingatan sebagai pendapat awal peneliti. C/: catatan harian, pengalaman
lapangan.
c.
Memo (memos ) :
catatan/tulisan formal yg dibuat investigator (peneliti) untuk menangkap proses
konten analisis.
3.
Penelitian
dokumen
o
Adalah
: penelitian terhadap dokumen yang selama ini terkumpul diperpustakaan.
o
Tujuan
: dengan melakukan pengumpulan data secara sistematik dan evaluasi yg
berhubungan dgn kejadian masa lalu untuk menguji hipotesis terhadap penyebab,
dampak/tren kejadian yg dapat membantu menjelaskan kejadian saat ini dan
mengantisipasi kejadian masa datang.
o
Ada
2 dimensi penelitian dokumen : yaitu ; dimensi kronologi pembuatan dokumen dan
dimensi kapan kejadian terjadi.
o
Menurut
Hillway terdapat 6 kelompok penelitian terhadap dokumen penelitian yaitu :
a.
Penelitian
biografi
b.
Penelitian
dokumen institusi/organisasi
c.
Penelitian
terhadap sumber informasi dan influences
d.
Editing
dan menerjemahkan dokumen
e.
Studi
terhadap dokumen ide-ide pemikiran
f.
Kompilasi
bibliografi
o
Dalam
melakukan penelitian dokumen perpustakaan ada beberapa tahapan Sbb:
a.
Mengidentifikasi
masalah e. Mengorganisasi dan analisis data scr
kualitatif
b.
Mengumpulkan
informasi latar belakang f. Menginterprestasikan hasil analisis
dan kesimpulan
c.
Memformulasikan
hipotesis apabila memungkinkan
d.
Mengupulkan
data
D.
Beberapa metode
khusus penelitian bidang perpustakaan dan informasi
1.
Penelitian
survei
o
Adalah
penelitian yang dilakukan terhadap seluruh unit penelitian populasi.
o
Penelitian
survei dapat merupakan pengumpulan data sederhana (jumlah buku, jumlah jurnal
ilmiah, jurnal pustakawan ) bersifat menerangkan
o
Tujuan
: mendiskripsikan kejadian relatif, distribusi dan hubungan antar variabel yg
terjadu secara alami
o
Beberapa
tipe penelitian survei :
a.
Studi
sesaat/cross-sectional studi
b.
Studi
kecenderungan/trend study
c.
Studi
kohort/cohort study
d.
Studi
panel/panel study
e.
Studi
longitudinal/longitudinal study
f.
Studi
sampel paralel
g.
Studi
kontektual
h.
Studi
sosiometrik
i.
Studi
kritikal insiden
o
Tahapan
penelitian survei :
a.
Memformulasikan
masalah penelitian
b.
Menyiapkan
teknik pengumpulan data
c.
Menentukan
besar sampel
d.
Mengumpulkan
data
e.
Analisi
dan interprestasi
2.
Penelitian
eksperimen
o
Dapat
dilakukan di lab atau lapangan. Dimaksudkan untuk menguji hipotesa dan
mengetahui apakah variabel eksperimen efektif atau tdk dilaksanakan.
o
Penelitian
eksperimen adalah : suatu penelitian dan peneliti dapat melakukan
kontrol/perubahan pada variabel bebas
o
Struktur
dasar adalah hipotesis : X berpengaruh terhadap Y
3.
Operation
research (OR)
o
Adalah
: penerapan metode ilmiah dalam pengelolaan operasi-operasi yg digunakan oleh
pemimpin dalam membuat keputusan
o
OR
digunakan untuk mengidentifikasi penyelesaian optimal terhadap pemasalahan yang
nyata menggunakan teknik matematika
o
Beberapa
tipr OR : pengalokasian sumber daya, antrian, inventory, teori antrian, dan
strategi kompetitif
o
Menurut
O’niell tahapaan pelaksanaan OR :
a.
Memformulasikan
permasalahan
b.
Membuat
model matematis yang akan digunakan
c.
Membuat
sebuah solusi dari model yg dibuat
d.
Menguji
model dan solusi yg dihasilkan dari model
e.
Memantapkan
hasil yg sudah dicapai
f.
Mengimplementasikan
solusi yg di hasilkan
4.
Modelling
o
Sering
dikatakan sebagai simulasi merupakan hal terpenting dari metodologi OR.
o
Sebuah
model adalah : abstraksi/bentuk sederhana dari pekerjaan yg sebenarnya.
5.
Analisis sistem
o Analisis sistem menjelaskan tujuan-tujuan dan capaian (performance), lingkungan, sumberdaya, komponen, dan manajemen dari keseluruhan sistem
6.
Studi kasus (
case study )
o Adalah : salah satu metode penelitian kualitatif bidang perpustakaan dan informasi yg melihat sebuah fenomena yg diteliti tanpa melakukan intervensi.
o Biasanya digunakan untuk sejumlah subjek penelitian yang sedikit dan selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yg terkumpul
o Hasil penelitian hanya berupa kumpulan informasi yang berhasil dicatat peneliti, apabila kurang cocok dikrim kembali ke reponden/pakar/pengguna perpustakaan untuk mendapatkan tanggapan mereka
7.
Deplhi study
o Adalah : sebuah prosedur penelitian dgn menggunakan kuesioner, yang didesain untuk mendapatkan konsensus melalui respon yg diberikan responden.
8.
Bibliometrics
o Yaitu : penerapan metode matematika dan statistika terhadap informasi terekam, umumnya terhadap majalah, buku, dan media komunikasi lainnya.
o Studi awal terhadap bibliometrics menghasilkan 3 hukum dasar yaitu :
a.
Hukum bradford (bradford’s law of scatter ) :
mendiskripsikan bagaimana area subjek literatur terdistribusi dalam setiap
jurnal dan menghitung berapa banyak jurnal mengandung prosentase tertentu dari
publikasi artikel
b.
Hukum lotka (lotka’s law ) : sebuah rumus untuk
menghitung/memprediksi produktivitas peneliti dalam menulis tulisan ilmiah
c.
Hukum zip (zip’s law) : mendiskripsikan frekuensi
kemunculan kata tertentu / kata-kata familiar digunakan seseorang dalam membuat
tulisan.
o Kegiatan-kegiatan dalam melakukan penelitian bibliometrik menurut white, et all :
a.
Meningkatkan
kontrol bibliometrik terhadap literatur
b.
Mengidentifikasi
basis literatur, khususnya jurnal
c.
Mengklasifikasi
literatur
d.
Menyeleksi
ide-ide yang terbesar dan pertumbuhan literatur
e.
Mendesain
sistem informasi dan jaringan yg lebih ekonomis
f.
Meningkatkan
efisiensi layanan pengelolaan informasi
g.
Memprediksi
trend publikasi
h.
Mendiskripsikan
pola buku yg digunakan oleh patrons
i.
Membangun
dan mengevaluasi koleksi perpustakaan
E.
Metode
penelitian berbasis teknologi (technology-based research mathods)
o Adalah : kegiatan penelitian bidang perpustakaan dan informasi yang dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang tersedia saat ini seperti: internet, web, GIS
o GIS (geographic information system ) : teknologi untuk melakukan pengumpulan, penyimpanan, analisis objek, dan fenomena lainya dari berbagai belahan dunia secara cepat dan tepat.
Kegiatan belajar 3
Pembuatan proposal penelitian ilmiah
A.
Siklus
penelitian
o Beberapa komponen penting dalam melakukan penelitian ilmiah yaitu :
a.
Judul
penelitian
b.
Perumusan
maslah
c.
Pertanyaan
penelitian
d.
Tujuan
dan manfaat penelitian
e.
Teori
asumsi-asumsi dan literatur yg digunakan
f.
Hipotesis
penelitian
g.
Konsep/desain
penelitian
h.
Definisi
operasional variabel penelitian
i.
Metodologi
penelitian
j.
Kesimpulan
dan generalisasi hasil penelitian
B.
Proposal
penelitian
o Proposal penelitian berisi garis besar kegiatan penelitian, berisi komponen-komponen, antar komponen harus konsisten, mempertimbangkan etika penelitian sehingga hasil penelitian valid
o Isi proposal penelitian secara rinci adalah sbb :
1.
Judul penelitian :
singkat, jelas, mudah dipahami, menarik, sesuai masalah aktual
2.
Bab I pendahuluan :
a.
Latar
belakang : berisi uraian ttg tahapan identifikasi masalah penelitian dan
keinginan peneliti untuk mencari jawaban atas permasalahan ; dalam latar
belakang menjelaskan :
1)
hal-hal
yang mendorong dan pentingnya dilakukan penelitian
2)
kebijakan
pemerintah yg berisi harapan-harapan thd bidang yang akan dikaji
3)
UU
supra sistem yg mendukung kebijakan bidang yg diteliti
4)
Penelitian
yg diteliti oleh peneliti lain yg berkaitan dgn bidang yg diteliti
5)
Kondisi
yang ada saat ini ttg masalah yg akan diteliti
6)
Apabila
antara kondisi saat ini dan kondisi diharapkan masih terdapat kesenjangan dan
masalah-masalah yg harus dipecahkan dan ditanggulangi
b.
Perumusan
dan pemilihan masalah : berisi beberapa uraian masalah yang terjadi dan perlu
pemecahan. Suatu maslah dikatakan penting untuk diteliti, perlu dibandingkan
terlebih dahulu dengan :
1)
Masalah
sebelumnya
2)
Masalah
ditempat lain
3)
Target
yang diharapkan
4)
Masalah
tersebut memberikan dampak yg besar
c.
Pertanyaan
penelitian
d.
Hipotesis
penelitian : pernyataan jawaban sementara penelitian, yang akan dibuktikan
kebenarannya dengan hasil penelitian nanti. Syarat membuat hipotesisi :
1)
Harus
konsisten dengan pertanyaan penelitian
2)
Merupakan
kalimat deklaratif
3)
Hanya
dibuat untuk penelitian analitik
4)
Hanya
dibuat untuk pertanyaan utama
5)
Menyebutkan
variabel secara specifik
6)
Mangandung
satu variabel bebas/lebih dan satu variabel terikat/tergantung
Ada 2 macam hipotesis
:
o
hipotesis Nol : pertanyaan apabila dalam pelaksanaan
penelitian, peneliti tidak melakukan perlakuan/intevensi variabel penelitian.
o
Hipotesis
alternatif :
kebalikan dari hipotesis nol
o
Pertanyaan
hipotesis Nol selalu ada kata-kata :
1)
Sama
dengan
2)
Tidak
ada perbedaan
3)
Tidak
ada hubungan
o
Hipotesis
Nol diasumsikan benar , dan dilakukan uji hipotesis
o
Kesimpilan
uji adalah : menerima / menolak hipotesis Nol
e.
Tujuan
penelitian : dinyatakan dalam :
1)
Tujuan
umum : secara garis besar yang memuat gabungan tujuan khusus
2)
Tujuan
khusus : tujuan secara rinci yang ingin di capai dari penelitian dibuat dalam
kalimat berita, konsisten
f.
Manfaat
penelitian : menjelaskan tentang yang dihasilkan setelah penelitian
dilaksanakan.
3.
Bab II tinjauan
pustaka : berisi landasan teori, asumsi-asumsi dan latar belakang literatur tsb
digunakan dalam penelitian. Landasan teori sebaiknya memuat hal-hal sbb :
a.
Penelitian
berdasarkan teori yg sudah ada
b.
Teori
yg ditulis sebaiknya yang berkaitan dengan masalah dan variabel penelitian yg
akan diteliti
c.
Uraian
didasarkan pada pustaka terbaru
d.
Uraian
dalam tinjauan pustaka mengacu pada daftar pustaka yg digunakan dan menjadi
dasar menyusun kerangka konsep penelitian.
4.
Bab III kerangka konsep
penelitian : menjelaskan hubungan antar variabel bebas (independent) dan
variabel terikat (dependent)
o
Variabel
bebas : variabel penyebab, dapat dimanipulasi oleh peneliti dan variabel yang
memprediksi variabel terikat
o
Variabel
terikat : variabel akibat, tidak dimanipulasi oleh peneliti dan merupakan
variabel yg diprediksi dari vaiabel bebas
o
Definis
operasional adalah ; penjelasan detail ttg variabel penelitian, bagaimana
variabel diukur/diobservasi, alat apa yg digunakan dan skala pengukuran
variabel.
5.
Bab IV
metodologi menjelaskan ttg :
a.
Jenis penelitian :
penjelasan mengenai jenis penelitian yg digunakan dlm penelitian ilmiah
b.
Populasi penelitian : berisi ttg populasi
penelitian. Terdiri atas populasi target dan populasi sampel
c.
Cara pengambilan sampel : terdapat beberapa cara
pengambilan sampel ;
-
Secara
acak (random) meliputi :
a.
Pengambilan
sampel acak sederhana
b.
Pengambilan
sampel acak stratifikasi
c.
Pengambilan
sampel acak sistematik
d.
Pengambilan
sampel acak cluster
e.
Pengambilan
sampel acak bertingkat
-
Cara
pengambilan sampel secara non acak
(non-random) :
a.
Pengambilan
sampel secara purpose
b.
Pengambilan
sampel secara quota
c.
Pengambilan
sampel secara kebetulan
d.
Unit sampel adalah : buku/disertasi/junal/barang
yang akan dijadikan objek penelitian
e.
Data : hasil pengukuran terhadap unit
sampel/responden penelitian.
f.
Cara pengumpulan data : pengumpulan data dapat
dilakukan dgn cara : observasi, pengkuran, wawancara terstruktur, diskusi,
diskusi mendalam
g.
Alat pengumpulan data ; data dikumpulkan mengunakan
:
a.
Pertanyaan
terstruktur tertutup artinya : jawaban sudah diberikan responden tinggal
memilih
b.
Pertanyaan
terstruktur tertutup : jawaban responden dicatat dalam daftar pertanyaan
c.
Formulir
isian yang harus diisi responden/ petugas pencatat hasil pengukuran
h.
Cara analisis data , tahapanya sbb :
a.
Pembuatan
distribusi frekuensi tiap-tiap variabel untuk mengambarkan seluruh variabel
b.
Analisi
suatu variabel (univariat) bertujuan untuk mendiskripsikan masing-masing
variabel dan mengambarkan kecenderungan sentralnya ( mean, mode, median,
persentil, kuartil )
c.
Analisi
dua variabel (bivariat) bertujuan melakukan analisis antara variabel bebas dan
variabel terikat
d.
Analisis
mult variabel ( multi variat ) bertujuan melakukan analisis antara beberapa
variabel bebas dgn variabel terikat sekaligus dan dapat mengambarkan
ada/tidaknya hubungan
6.
Bab
V jadwal rencana penelitian
7.
Bab
VI kebutuhan angaran penelitian
8.
Bab
VIII daftar pustaka
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Blog Archive
-
2014
(41)
- September(1)
-
Mei(9)
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 9
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 8
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 7
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 6
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 5
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 4
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 3
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 2
- METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 1
- April(30)
- Maret(1)
0 komentar:
Posting Komentar