Blog Archive

Jailsinggih. Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 04 April 2014
Ruang Lingkup Ilmu Perpustakaan dan Informasi
1) Ilmu Perpustakaan adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, penyimpanan, temu kembali, interpretasi, dan penyebaran informasi.
2) Ilmu Informasi adalah ilmu interdipliner yang mempelajari ilmu perpustakaan dan ilmu-ilmu lainnya yang relevan dengan perpustakaan dan yang mencakup cara menginterpretasi, menganalisis, menyimpan, dan mengambil kembali data dan informasi.
3) Tugas Pokok Perpustakaan: mengumpulkan dan mengadakan bahan pustaka, mengolah bahan pustaka, menyimpan bahan pustaka, mendayagunakan/melayankan bahan pustaka, memelihara/melestarikan bahan pustaka
4) Fungsi Perpustakaan, sebagai: pusat informasi, pusat layanan informasi, pusat penelitian, pusat kerjasama antar perpustakaan, sarana pendidikan, sarana kultural, tempat preservasi bahan pustaka.
5) Peran Perpustakaan: menjadi media antara pemakai dan koleksi yang dimiliki, menjadi lembaga pengembangan minat dan budaya membaca, serta pentingnya belajar sepanjang hayat, mengembangkan komunikai antara pemakai dan atau dengan penyelenggaran perpustakaan, motivator/mediator/fasilitator bagi pemakai dalam mencari dan menggunakan informasi, sebagai agen perubahan.
6) Lingkup Kepustakawanan: teori/metode dan evaluasi temu kembali, penerapan metode matematika informai, komunikasi, informasi, ilmu perpustakaan dan statistika terhadap informasi rekaman, umumnya terhadap publikasi berkala dan buku, komunikasi ilmiah dan transfer pengetahuan, rancang bangun atau desain serta evaluasi sistem informasi, produk dan jasa informasi khusus, komputer sebagai alat informasi, pemakai dan penggunaan informasi.
7) Perpustakaan Konvensional: umumnya sebagai penyedia jasa informasi dan masih mengandalkan koleksi cetak dan sedikit sentuhan TIK. Perpustakaan masa depan: mengarah pada perpustakaan penelitian, pengajaran, pembelajaran dan komunikasi ilmiah dengan TIK di semua lini, termasuk tersedianya perpustakaan digital, perpustakaan hibrid, library 2.0 (teknolgi interaktif, kolaboratif, dan multimedia berbasis web) yang dimanfaatkan oleh perpustakaan sebagai basis layanan.
Download pdf

0 komentar: